SAMBUTAN PLT WALIKOTA


Assalamualaikum Wr, Wb.

Dalam rangka akuntabilitas dan transparansi anggaran pendidikan, di awal tahun 2013 ini Pemkot Semarang melalui Dinas Pendidikan kembali menyuguhkan anggaran pendidikan berbasis Online System. Setelah sebelumnya telah menggunakan Penerimaan Peserta Didik (PPD) dan RAPBS secara Online, selanjutnya akan mempublikasikan secara Online Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta di Kota Semarang. 

Tentu saja kita akan dorong terus SKPD di Kota Semarang khususnya Dinas Pendidikan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis teknologo informasi dan komunikasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses publik sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Online System pengelolaan dana BOS ini sebagai wujud bentuk sinergitas Pemerintah Kota Semarang yang mendapatkan kucuran dana BOS dari Pemerintah Pusat dan dikelola pendistribusiannya melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Berkenaan dengan SIM Pengelolaan BOS ini maka masyarakat dapat mengetahui dana BOS yang diterima dan digunakan oleh sekolah baik negeri maupun swasta pada jenjang SD dan SMP. Sehingga seluruh lapisan masyarakat, terutama orang tua anak didik dapat mengetahui dengan pasti berapa anggaran yang diterima sekolah dari BOS dan bagaimana penggunaannya. Hal ini penting mengingat sumber dana yang diterima sekolah tidak hanya dari BOS tetapi juga dari pendamping BOS Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang.

Demikian sambutan ini dan selalu saya sampaikan kepada seluruh warga masyarakat untuk terus berperan aktif dalam mengawal pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaran pendidikan, tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada semua pihak yang peduli dan turut serta berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Kota Semarang. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi niat baik kita semua. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

     Walikota Semarang

                 TTD

HENDRAR PRIHADI, SE, MM

PRAKATA KEPALA DINAS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Dinas Pendidikan Kota Semarang dapat menyuguhkan kembali aplikasi secara online yaitu Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Dana Operasional Sekolah (BOS) secara online setelah akhir tahun 2012 meluncurkan RAPBS online. Implementasi BOS online ini bertujuan agar dalam pengelolaan dana BOS dapat transparan, informatif dan akuntabel. Sehingga seluruh informasi yang ada dalam penggunaan dana BOS dapat diketahui dan diakses dengan mudah oleh masyarakat Kota Semarang pada khususnya dan masyarakat di Indonesia pada umumnya.

Mulai tahun 2013 ini, informasi usulan, penetapan besar  dan penggunaan dana BOS sudah dapat dipublikasikan secara online melalui aplikasi ini. Dengan harapan, sekolah terbantu dalam merencanakan dan melaporkan penggunaan dana BOS melalui sistem yang telah disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang.  Sementara itu, masyarakat juga dapat memantau secara online penggunaan dana BOS yang dialokasikan kepada setiap sekolah baik negeri maupun swasta yang berada di Kota Semarang. Dengan demikian, akuntabilitas sekolah penerima dana BOS dapat dipertanggungjawabkan secara transparan kepada masyarakat Kota Semarang.

Harapan kami dengan di-online-kannya pengelolaan dana BOS sekolah tersebut dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan dengan persekolahan dan hal tersebut merupakan salah satu wujud kami dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik dunia pendidikan. Demikian prakata kami, atas bantuan semua pihak hingga terselenggaranya BOS online ini kami mengucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT selalu membimbing kita kejalan yang lebih baik. Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang

TTD

Drs. BUNYAMIN, M.Pd.