SAMBUTAN PLT WALIKOTA


Assalamualaikum Wr, Wb.

Warga Kota Semarang yang saya cintai, di penghujung tahun 2012 ini Pemkot Semarang melalui Dinas Pendidikan akan mempublikasikan secara online Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) pada sekolah negeri di Kota Semarang. Hal ini sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan di-online-kannya RAPBS maka masyarakat dapat mengetahui pengelolaan anggaran yang ada di sekolah. Sehingga tidak akan menimbulkan persepsi atau tanggapan yang beragam sekaligus merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas yang selalu kita dorong. 

Perlu diketahui pendidikan merupakan salah satu dari ”Sapta Program” yang ingin kita wujudkan dengan baik. Sehingga pembiayaan pendididikan mempunyai posisi dan kedudukan yang sangat strategis dalam konteks pembangunan dan pencapaian tujuan pendidikan, baik pada tingkat sekolah, pemerintah daerah maupun pemerintah. Apalagi sejak direalisasikannya anggaran pendidikan di Kota Semarang lebih dari 20 persen dari belanja daerah. Anggaran pada sekolah yang berupa pendapatan dan pengeluaran perlu dipublikasikan, termasuk gambaran menyeluruh rekapitulasi seluruh rencana tentang sumber dana yang didapat. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kota Semarang telah membakukan format dokumen RAPBS, APBS dan APBSP yang sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam kerangka memudahkan dan untuk keseragaman semua sekolah negeri.

Diakhir penutup sambutan, saya mengajak seluruh warga masyarakat untuk terus berperan aktif dalam mengawal pelaksanaan pengelolaan dan penyelenggaran pendidikan dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada semua pihak yang peduli dan turut serta berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Kota Semarang. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi niat baik kita semua. Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Plt. Walikota Semarang

                 TTD

HENDRAR PRIHADI, SE, MM

PRAKATA KEPALA DINAS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Dinas Pendidikan Kota Semarang dapat menyuguhkan kembali aplikasi secara online yaitu Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Implementasi RAPBS online ini bertujuan agar dalam pelaksanaan RAPBS/APBS/APBSP dapat transparan, informatif dan akuntabel. Sehingga seluruh informasi yang ada dalam penyelenggaraan RAPBS/APBS/APBSP dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Kota Semarang.
Dalam penyusunan RAPBS Tahun Pelajaran 2012/2013 ini semua sekolah negeri sudah harus menyusun dokumen RAPBS menjadi APBS dan dirubah menjadi APBSP melalui online. Pelaksanaan penyusunan dokumen tersebut secara on-line sudah kita persiapkan sejak 2010 dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan pendidikan yang ada di Kota Semarang. Tahapan yang telah kita lalui pada awalnya penyusunan melalui format excel, selanjutnya kita kembangkan melalui program desktop (offline). Pada tahapan selanjutnya kita kembangkan lewat online tetapi belum dipublikasikan dan pada tahun 2013 ini kami mencoba untuk mempublikasikan RAPBS/APBS/APBSP on-line tersebut.

Harapan kami dengan di-online-kannya dokumen pembiayaan sekolah tersebut dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan dengan persekolahan dan hal tersebut merupakan salah satu wujud kami dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik dunia pendidikan. Demikian prakata kami, atas bantuan semua pihak hingga terselenggaranya RAPBS online ini kami mengucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT selalu membimbing kita kejalan yang lebih baik. Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang

TTD

Drs. BUNYAMIN, M.Pd.