Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pendidikan Kota Semarang "Sukseskan Diseminasi Akselerasi Kurikulum 2013 Pendidikan yang lebih maju dan terarah di Kota Semarang"           

 

RAKOR EVALUASI KEGIATAN AKHIR TAHUN 2014

Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Kegiatan 2014, Rapat diselenggarakan di Aula Besar Dinas Pendidikan Gedung B pada tanggal 17 Desember 2014.  Acara dibuka oleh Sekdin (Dr.Soedjono,M.Si). di dampingi Ka.Bid PTK (Drs.Hari Waluyo,MM), Ka.Bid Dikdasmen (Drs.Sutarto,MM), dan Kasubag Umum dan Kepegawaian (Sri Rahayuningsih,S.Pd.,MM), Peserta rapat di ikuti para Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan,Ka.SKB, Ka.SMP-SMA dan SMK Negeri se Kota Semarang. Pemaparan dan penjelasan dilakukan secara bergantian.

Dalam pembahasannya Sekdin (Dr.Soedjono, M.Si) menjelaskan dan menyebutkan satu persatu UPTD Pendidikan Kecamatan dan SMP/SMA/SMK tentang serapan pengambilan keuangan perbulan dan penyerapan di akhir Desember, Bantuan Keuangan, Pengumpulan Peduli Sosial Banjarnegara yang belum terkumpul, Penilaian Kerja, pembuatan SKP. Pengasetan milik Pemerintah Kota, Penyelesaian pelaporan dan pengisian TPP (kespeg) yang terhambat yang kemudian di lanjutkan penjelasan yang terperinci tentang pencairan TPP yang tidak cair karena Sekolah ada yang lambat dan pengisian SKP yang harus segera diisi dan terrealisasi di akhir 2014 harus selesai).

 

Selanjutnya Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) (Drs.Hari Waluyo, M.Si) memberikan uraian penjelasan dalam rapat koordinasi evaluasi ini mengenai berbagai hal yang menjadi kewenangan pekerjaan yang membidanginya, diantaranya;

1.   Penjelasan SKP Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (TU Sekolah)

Training Regenerasi Agen Sekolah Program Cek Sekolah Ku

Pelaksanaan Training Regenerasi Agen Sekolah Program Cek SekolahKu diselenggarakan oleh Lembaga Sosial Masyarakat yang peduli dengan pendidikan (PATTIRO) di Bollrom Hotel Semesta di Jl. Wahid Hasyim Selasa 16 Desember 2014 yang dihadiri Pendamping Waka Humas di masing-masing Sekolah dan anggota Osis siswa-siswi perwakilan SMP-SMA-SMK Negeri se Kota Semarang, Lembaga Sosial Masyarakat perwakilan di Kecamatan

RAKOR DATA DAPODIKMEN KEPEGAWAIAN PTK

Mewakili Kepala Dinas Pendiidkan Ka.Bid PTK (Drs.Hariwaluyo,MM) yang didampingi stafnya (Eko Romadlon S.Ag) dalam sambutan dan pembinaannya berpesan bahwa " Operator adalah sebagai ujung tombak, tenaga penting, sebagai jantungnya ketenagaan PTK yang kesemuanya itu terkait oleh IT (Informasi dan Teknologi) yang terintegrasi dengan verifikasi dan validasi tunjangan profesi maupun tunjangan yang lain yang sistematis mengenai data  personal sehingga harus dilakukan sungguh - sungguh dan ketelitian supaya tidak terjadi salah data yang menyangkut nasib. Adapun Tahun 2016 secara resmi Dikmen (SMA-SMK) akan ditarik manajemennya ke pusat melalui Provinsi Jawa Tengah, namun untuk masalah data kepegawaian harus baik, betul tertata rapi supaya dalam peralihan nanti tidak terjadi kesalahpahaman atau data salah sehingga tujuan Data PTK yang valid dan akuntable bisa digunakan pemanfaatnya untuk semuanya. Tidak kalah penting Perjuangan operator diikuti keikhlasan yang luar biasa smoga Tuhan YME (Alloh taálaa) memberikan kemudahan-kemudahan kepada hambaNya yang selalu mempersembahkan kebaikan bagi orang lain"...Amiin .

 

JUKNIS RAPBS PERUBAHAN TAHUN PELAJARAN .2014/2015

Sehubungan dengan telah tersusunnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) Tahun Pelajaran 2014/2015 dan akan berakhirnya Semester I (Ganjil) Tahun Pelajaran 2014/2015,  bersama ini kami mengharap kepada Bapak/Ibu/Saudara/i Kepala Sekolah TK/SD/SMP/SMA/SMK Negeri agar segera menyusun RAPBS Perubahan Tahun Pelajaran 2014/2015 terkait dengan adanya rencana perubahan pada Penerimaan-Pengeluaran dan Sumber Pendanaan Sekolah.

Berikut Juknis dan contoh  form bakunya, silahkan diunduh dibawah ini :

1.  Juknis Pengesahan, Pemeriksaan & Penyusunan RAPBS PERUBAHAN TP.2014-2015.

2.  Contoh RAPBS Perubahan 2014-2015

 

 

by rifki, 10 Desember 2014

MEKANISME TUNJANGAN FUNGSIONAL GURU KOTA SEMARANG

Mekanisme Pengusulan dan Penerbitan SK Tunjangan Fungsional

Jenjang Dikmen

1.  Pengususlan tunjangan fungsional jenjang Dikmen (SMA dan SMK) diawali dengan verifikasi

      berkas fisik usulan tunjangan Fungsional Dikmen yang diajukan oleh Sekolah.

2.  Verifikasi berkas utamanya adalah terhadap :NUPTK, validasi SK GTT, SK GTY, jumlah jam

      mengajar, Ijasah terakhir, usia dan masa kerja.

3.  Setelah diverifikasi, bagi yang memenuhi syarat (lolos seleksi).akan dibuatkan usulan dalam

     bentukkan  Jawa  Tengah  dan  seterusnya  disampaikan ke  P2TK  Dikmenv  Kemendikbud.

4.  Pengusulan tidak mempertimbangkan nama-nama  penerima  tunjangan  fungsional  yang

     pada tahun sebelumnya, dikarenakan :

     a.  Terdapat guru yang pindah/mutasi tempat tugas, sehingga  jumlah  masa  kerja berubah.

     b.  Terdapat nama-nama penerima pada tahun sebelumnya, yang ternyata tidak  memenuhi

           syarat setelah dilakukan verifikasi ulang  terhadap  berkas yang  diajukan. Misal : SK GTT

           anti datir, SK GTT tidak sah atau tidak  dilegalisir,  NUPTK  tidak  valid  (hanya Peg Id atau

           NUPTK sementara). Jam mengajar tidak 24 jam.

Mendikbud Anies Baswedan Hentikan Kurikulum 2013

Jakarta 05 Desember 2014--- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Rasyid Baswedan memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di seluruh Indonesia. Kurikulum 2013 selanjutnya diperbaiki dan dikembangkan melalui sekolah-sekolah yang sejak Juli 2013 telah menerapkannya.

“Proses penyempurnaan Kurikulum 2013 tidak berhenti, akan diperbaiki dan dikembangkan, serta dilaksanakan di sekolah-sekolah percontohan yang selama ini telah menggunakan Kurikulum 2013 selama 3 semester terakhir,” kata Mendikbud Anies Baswedan di Kemdikbud Jakarta, Jumat (05/12).

Implementasi Kurikulum 2013 secara bertahap dan terbatas telah dilakukan pada Tahun Pelajaran 2013/2014 di 6.221 sekolah di 295 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Hanya sekolah- sekolah inilah yang diwajibkan menjalankan kurikulum tersebut sebagai tempat untuk memperbaiki dan mengembangkan Kurikulum 2013 ini.

Mendikbud Anies Baswedan juga menyampaikan selain sekolah tersebut, sekolah yang baru menerapkan satu semester Kurikulum 2013 akan tetap menggunakan Kurikulum 2006 sampai mereka benar-benar siap menerapkan Kurikulum 2013. “Sekolah-sekolah ini supaya kembali menggunakan Kurikulum 2006,” katanya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengambil keputusan ini berdasarkan fakta bahwa sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan Kurikulum 2013 karena beberapa hal, antara lain masalah kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendampingan guru dan pelatihan Kepala Sekolah.

SERTIFIKAT PENDIDIK DAN KEWENANGAN MENGAJAR

Dengan dilaksanakannya Kurikulum 2013 di sekolah/madrasah, terdapat beberapa perubahan mata pelajaran antara Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 yang mengakibatkan perbedaan jenis guru yang dibutuhkan. 
 
Perubahan tersebut antara lain mata pelajaran yang tidak lagi tercantum dalam Kurikulum 2013, seperti: TIK di SMP/SMA; IPA, IPS, KKPI, dan Kewirausahaan di SMK;mata pelajaran yang baru muncul pada Kurikulum 2013, seperti Prakarya di SMP, dan Prakarya dan Kewirausahaan di SMA/SMK; dan perubahan mata pelajaran peminatan kejuruan sesuai Surat Edaran Dirjen Pendidikan Menengah Nomor 7013/D/KP/2013 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
 
Dengan adanya perubahan tersebut, maka diperlukan penyesuaian dan perluasan kewenangan mengajar bagi  guru  yang  memiliki sertifikat pendidik yang dapat digunakan sebagai dasar untuk penyaluran tunjangan profesi pendidik. Berkenaan dengan hal tersebut, dengan hormat disampaikan perubahan tersebut sebagai berikut.Jenis guru dan kode bidang studi yang memiliki kewenangan mengajar mata pelajaran sesuai Kurikulum 2013 sebagaimana tercantum dalam Lampiran ;
1.  Konversi sertifikat pendidik bagi guru mata pelajaran peminatan kejuruan di        SMK sesuai spektrum tahun 2013 sebagaimana tercantum pada Lampiran II.
2. Perluasan  kewenangan  mengajar  bagi  guru mata  pelajaran  peminatan  kejuruan  di SMK sebagaimana dicantumkan dalam Lampiran III.
3. Solusi  bagi guru  bersertifikat yang mata  pelajaran tidak  tercantum pada  Kurikulum  2013 sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV.  

RAKOR SERAPAN ANGGARAN KEGIATAN AKHIR TAHUN 2014

Rapat koordinasi (rakor) akhir tahun diselenggarakan di Aula Besar Dinas Pendidikan Gedung B 4 Desember 2014 dipimpin langsung Oleh Kepala Dinas Pendiidkan (Drs.Bunyamin,M.Pd) yang sebelumnya telah dibuka oleh Sekdin (Dr.Soedjono,M.Si) dimulainya Acara. Dalam rapat ini dihadiri semua jajaran pejabat eselon III yaitu Ka.Bid Dikdasmen (Drs. Taufik Hidayat,MT), Ka.Bid PTK (Drs.Hari Waluyo,MM), Ka.Bid Dikdasmen (Drs.Sutarto,MM), Ka.Bid PNFI (Wahyudi Harso,SH.MH) berhalangan hadir karena ada tugas luar untuk mengawal kegiatan workshop ketrampilan dan kecakapan hidup (life skill di wisma YPAC Simpang lima). Peserta rapat yaitu Kepala  UPTD Pendidikan Kecamatan, Ka.SMP-SMA dan SMK Negeri se Kota Semarang. Rapat dihadiri pula Kasubag Umum dan Kepegawaian, Kasubag Perencanaan dan Evaluasi dan Kasubag Keuangan. 

WIB

Aplikasi Sistem

Portal PPD 2012 Semarang

Link Pemerintahan

Sosial Media