Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pendidikan Kota Semarang "Sukseskan Pendidikan Menengah Universal (PMU) di Kota Semarang (BOS untuk SMA-SMK Tahun Pelajaran 2013/2014) sekolah murah tanpa pungutan"             

 

Seleksi Masuk SD, Sekolah Dilarang Tes Calistung

 

Depok (Dikdas): Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Prof. Mohammad Nuh, DEA, saat melakukan paparan di hadapan peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan, Senin, 11 Februari 2013, mengkritik sejumlah buku pelajaran Sekolah Dasar kelas 1. Buku tersebut berisi lembar pertanyaan yang mengharuskan siswa sudah bisa membaca terlebih dahulu. 
Mohammad Nuh juga mengkritik buku ajar yang menggunakan latar perkotaan sebagai basis pembahasan. Hal demikian menjadi tidak tepat karena siswa SD banyak juga yang tinggal di pedesaan.

Kondisi tersebut terjadi karena sekolah menyeleksi siswa baru dengan tes baca, tulis, dan hitung (calistung). Padahal calistung mestinya baru diajarkan di bangku SD. 

“Tidak boleh tes masuk ke SD pakai calistung. Pokoknya masuk SD cukup umur,” ujarnya kembali menjelaskan saat gelar konferensi pers usai paparan. 

Pelarangan tersebut, menurut Mohammad Nuh, jika diperlukan, akan dibuat surat edaran.

Paparan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013, Selengkapnya :

► Arahan Mendikbud--Bagian I  

► Arahan Mendikbud--Bagian II

► Arahan Mendikbud--Bagian III

► Arahan Mendikbud--Bagian IV

WIB

Aplikasi Sistem

Portal PPD 2012 Semarang

Link Pemerintahan

Sosial Media