SEKRETARIAT

Sekretaris mempunyai tugas merencanakan, mengkoordinasikan dan mensinkronisasikan, membina, mengawasi dan mengendalikan serta mengevaluasi pelaksanaan tugas Kesekretariatan, Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, dan Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan.

  1.  pendistribusian tugas kepada bawahan;
  2.  pemberian petunjuk kepada bawahan;
  3.  penyeliaan tugas bawahan dalam lingkup tanggungjawabnya;
  4.  pelaksanaan kegiatan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai;
  5.  pengkoordinasian, sinkronisasi, pembinaan, pengawasan dan pengendalian dan evaluasi tugas-tugas kesekretariatan, Bidang Pembinaan PAUD dan PNF,  Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Bidang Pembinaan Sekolah  Menengah Pertama, Bidang  Pembinaan Guru  dan Tenaga Kependidikan, dan UPTD;
  6.  pelaksanaan  fasilitasi  tugas-tugas  kesekretariatan,  Bidang  Pembinaan PAUD dan PNF, Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Bidang Pembinaan Sekolah Menengah  Pertama,  Bidang  Pembinaan  Guru  dan   Tenaga Kependidikan, dan UPTD.
  7.  pelaksanaan koordinasi dengan perangkat daerah lainnya dan instansi terkait;
  8.  pelaksanaan kegiatan penyusunan kebijakan di subbagian perencanaan dan evaluasi, keuangan dan aset, umum dan kepegawaian;
  9.  pelaksanaan kegiatan penyusunan Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Rencana Kinerja Tahunan;
  10.  pelaksanaan koordinasi dan verifikasi penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran, Dokumen Pelaksanaan Anggaran, dan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Dinas;
  11.  pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pendidikan;
  12.  pelaksanaan  Anggaran  Pendapatan  dan  Belanja  Sekolah  dan  APBS perubahan Satuan Pendidikan;
  13.  pelaksanaan   Bimbingan   Teknis,   workshop,    dan   atau   Sosialisasi Perencanaan dan Penganggaran;
  14.  pelaksanaan Kalender Pendidikan;
  15.  pelaksanaan dan pengelolaan profil Pendidikan;
  16.  pelaksanaan dan pengelolaan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan;
  17.  pelaksanaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah;
  18.  pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen, website, jaringan internet dan media sosial pendidikan;
  19.  pelaksanaan pengembangan Teknologi Informasi dan Aplikasi pendidikan;
  20.  pelaksanaan   fasilitasi   pengelolaan   Dana   Alokasi   Khusus,   Bantuan Keuangan Provinsi, dan Tugas Pembantuan;
  21.  pelaksanaan fasilitasi pengelolaan hibah dan bantuan sosial;
  22.  pelaksanaan fasilitasi Reformasi Birokrasi Dinas Pendidikan;
  23.  pelaksanaan    penyusunan    Sistem    Akuntabilitas    Kinerja    Instansi Pemerintah Dinas;
  24.  perencanaan program, kegiatan dan anggaran;
  25.  pelaksanaan    kegiatan    penyusunan    bahan    Laporan    Keterangan Pertanggungjawaban Walikota;
  26.  pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan penatausahaan keuangan Dinas;
  27.  pelaksanaan  pengelolaan  gaji   dan   tunjangan  di   lingkungan  Dinas Pendidikan;
  28.  pelaksanaan tata kelola persuratan, kearsipan, kepustakaan, dokumentasi, keprotokolan dan kehumasan Dinas Pendidikan;
  29.  pelaksanaan penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik;
  30.  pelaksanaan penyediaan akomodasi dan jamuan rapat/pertemuan, dan kunjungan tamu di lingkungan Dinas Pendidikan;
  31.  pelaksanaan kegiatan    pengadaan    peralatan,    barang    inventaris, pemeliharaan kantor;
  32.  pelaksanaan penatausahaan barang Penilaian Angka Kreditai habis dan barang inventaris;
  33.  pelaksanaan pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas Pendidikan;
  34.  pelaksanaan pengelolaan sistem informasi dan komunikasi Dinas Pendidikan;
  35.  pelaksanaan penilaian kinerja pegawai dalam lingkup tanggungjawabnya;
  36.  pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan;
  37.  pelaksanaan penyusunan laporan program dan kegiatan; dan
  38.  pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

 

Sekretariat mempunyai 3 Sub Bagian yang masing-masing bagian mempunyai tugas pelayanan yang berbeda-beda dan masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.

Sekretariat, terdiri dari 3 Sub Bagian, antara lain :

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi;
  2. Sub Bagian Keuangan; dan
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

 

Subbagian Perencanaan dan Evaluasi yang dipimpin oleh Kasubag Perencanaan dan Evaluasi mempunyai tugas:

  • menyiapkan  kegiatan  penyusunan  Rencana  Kegiatan  dan  Anggaran Subbagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • membagi tugas kepada bawahan;
  • membimbing bawahan dalam lingkup tanggungjawabnya;
  • memeriksa hasil kerja bawahan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai;
  • menyiapkan pelaksanaan koordinasi;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan kebijakan SubbagianPerencanaan dan Evaluasi;
  • menyiapkan kegiatan Penyusunan Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Rencana Kinerja Tahunan;
  • menyiapkan kegiatan koordinasi dan verifikasi penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan bahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan bahan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah;
  • menyiapkan kegiatan pengelolaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan fasilitasi pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah Satuan Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan Kalender Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan fasilitasi Profil Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan pengelolaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah bidang Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan data informasi Subbagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • menyiapkan kegiatan pengelolaan dan pertanggungjawaban teknis keuangan Subbagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • menyiapkan penilaian kinerja pegawai dalam lingkup tanggungjawabnya
  • menyiapkan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan laporan kegiatan Subbagian Perencanaan dan Evaluasi; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

 

Subbagian Keuangan dan Aset yang dipimpin oleh Kasubbag. Keuangan dan Aset mempunyai tugas:

  • menyiapkan kegiatan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Subbagian Keuangan dan Aset;
  • membagi tugas kepada bawahan;
  • membimbing bawahan dalam lingkup tanggungjawabnya;
  • memeriksa hasil kerja bawahan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai;
  • menyiapkan pelaksanaan koordinasi;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan kebijakan Subbagian Keuangan dan Aset;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan Daftar Pelaksanaan Anggaran Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan pengelolaan dan penatausahaan keuangan Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan pengelolaan gaji dan tunjangan di lingkungan Dinas Pendidikan;
  • melaksanakan penatausahaan barang Penilaian Angka Kreditai habis dan barang inventaris;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan data dan informasi Subbagian Keuangan dan Aset;
  • menyiapkan   kegiatan   pengelolaan   dan   pertanggungjawaban   teknis keuangan Subbagian Keuangan dan Aset;
  • menyiapkan penilaian kinerja pegawai dalam lingkup tanggungjawabnya;
  • menyiapkan monitoring dan  evaluasi  pelaksanaan kegiatan  Subbagian Keuangan dan Aset;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Keuangan dan Aset; dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

 

 

Subbagian Umum dan Kepegawaian yang dipimpin oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas:

  • menyiapkan  kegiatan  penyusunan  Rencana  Kegiatan  dan  Anggaran Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  • membagi tugas kepada bawahan;
  • membimbing bawahan dalam lingkup tanggungjawabnya;
  • memeriksa hasil kerja bawahan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai;
  • menyiapkan pelaksanaan koordinasi;
  • menyiapkan  kegiatan  penyusunan  kebijakan  Subbagian  Umum  dan Kepegawaian;
  • menyiapkan  kegiatan  tatakelola  persuratan,  kearsipan,  kepustakaan, dokumentasi, keprotokolan dan kehumasan Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan pelayanan rekomendasi, legalisasi ijazah/sertifikat, dan/atau perizinan kegiatan pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan  kegiatan  Penyediaan  akomodasi  dan  jamuan  rapat  atau pertemuan, dan kunjungan tamu di Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan   kegiatan   Pengadaan   Peralatan   gedung   kantor,   barang inventaris, dan pemeliharaan prasarana dan sarana kantor;
  • menyiapkan pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan fasilitasi Reformasi Birokrasi Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan pengelolaan sistem informasi dan komunikasi Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan kegiatan penyusunan data dan informasi Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  • menyiapkan kegiatan pelayanan data dan informasi Dinas Pendidikan;
  • menyiapkan   kegiatan   pengelolaan   dan   pertanggungjawaban   teknis  keuangan Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  • menyiapkan penilaian kinerja pegawai dalam lingkup tanggungjawabnya;
  • menyiapkan monitoring dan  evaluasi  pelaksanaan kegiatan  Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  • menyiapkan   kegiatan   penyusunan   laporan   pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
  •   melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.