Sekretariat

Kunjungan PKBI Belajar tentang Implementasi KESPRO di Dinas Pendidikan Kota Semarang

17-10-2018 // 20:39 wib // Admin   Bidang Pembinaan SMP
Halaman lengkap berita
Selasa, 16 Oktober 2018 Dinas Pendidikan Kota Semarang Menerima Kunjungan Belajar tentang Implementasi program pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas bagi remaja (kespro), sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Semarang sebagai Kota Layak Anak dan bentuk kerja sama antara PKBI Jawa Tengah dengan Pemerintah Kota Semarang. Rombongan yang terdiri dari 1. Kemdikbud (Fungsional Umum data pendidik, penyusunan program dan Anggaran) 2. Kupang (Dinas Pendidikan Kupang, IHAP, Kepala SMAN 2 Kupang), 3. Lampung (Kepala Dinas Pendidikan Lampung, Kepala SMPN 13, 22, 28 Bandar lampungdan PKBI Bandar Lampung), 4. DKI Jakarta (Dinas Pendidikan Wilayah 1 DKI Jakarta dan PMI Jakarta Timur), 5. Rutgers (Miranda, Rutgers Belanda, WPF Indonesia dan GUSO ASV) dan PKBI Jawa Tengah itu diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan didampingi jajaranya.
Program Pendidikan Kespro di Dinas Pendidikan Kota Semarang merupakan Kerjasama dengan Puskesmas dan BKKBN ataupun stakeholder lainnya untuk penyuluhan kesehatan reproduksi dan seksualitas terhadapap siswa, Pengembangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Pengembangan model tata laksana pendidikan kesehatan reproduksi : Pengembangan modul , pendidikan kesehatan reproduksi, Terintegrasi dalam kurikulum, Sosialisasi program kespro ke semua warga sekolah, Pelatihan guru dan Penguatan sistem rujukan layanan kesehatan reproduksi melalui UKS
Dalam kunjungan ini semua pihak saling bertukar pendapat dan pengalaman terkait kerjasama antara PKBI dan Pemerintah Daerah masing-masing dalam mengimplemntasikan program pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas bagi remaja (kespro).