Terimakasih atas kunjunganya di website Disdik Kota Semarang, kami selalu menunggu saran dan masukan untuk perbaikan pelayanan kamu  

Pemutakhiran Dapodikmas PKBM Kota Semarang

 21-10-2017 13:12 WIB by Bidang Pembinaan PAUD dan PNF    Dilihat: 289 kali Bidang Pembinaan PAUD dan PNF

Semarang-Disdik, Dalam rangka pendataan pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan Kota Semarag Khususnya Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal menyelenggarakan Sosialisasi sekaligus pemutakhiran DAPODIK PAUD dan Dikmas yang di ikuti oleh Operator dan Pengelola PKBM dan forum PKBM yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Oktober 2017 bertempat di Aula PKBM Terang Bangsa, Jl. Permata Hijau Blok BB 11 Pondok Hasanudin, Kuningan,Semarang Utara,Kota Semarang. 

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini diantaranya kebijakan dan arah pengembangan pendidikan anak usia dini di Kota Semarang tahun 2017, petunjuk dan cara pengisian aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas dan beberapa hal yang berkaitan dengan PAUD dan Dikmas. Tujuan diadakan sosialisasi ini adalah agar Operator PKBM dan Forum PKBM mengetahui penambahan dari fitur isian yang ada pada aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas  dan bisa mengisi data yang lengkap dan akuntabel. Secara jelas dan gamblang disampaikan oleh Agus Warjito,SPd. Staf Peserta Didik dan Pembangunan Karakter pada Bidang Pembinaan PAUD dan PNF.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Wahyudi Harso, S.H., M.H. dalam sambutan pengarahannya mengaku prihatin dengan kondisi Dapodikmas, banyak PKBM yang mengisi datanya asal-asalan, tidak lengkap dan tidak valid, sehingga ditakutkan apabila data ini akan dijadikan dasar pengambilan kebijakan nantinya akan menyesatkan. Oleh karena itu ia meminta agar para operator mengisi data dengan penuh tanggungjawab dan berdasarkan data pendukungnya misalnya buku induk, rapot dan ijazah serta akte kelahiran. Lebih lanjut ia juga meminta agar semua PKBM mulai berbenah memperbaiki lembaganya dimulai dengan update ijin operasional dan mempersiapkan untuk mengajukan Akreditasi.

Acara Sosialisasi dan Pemutakhiran Dapodikmas ini dihadiri oleh Kabid Pembinaan PAUD dan PNF dan semua Kasi pada bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Selamat Bekerja dan data yang diinputkan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dikarenakan data tersebut digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan baik untuk bantuan-bantuan bagi lembaga (BOP Kesetaraan), Program Indonesia Pintar (PIP), siswa, guru dan sarpras yang diambil oleh para stakeholder terkait.

Salam Satu Nusa, satu Bangsa, satu Bahasa dan SATU DATA……