Umum dan Kepegawaian

Sosialisasi Sistem Informasi Penilaian Akreditasi (SisPenA) Paud dan PNF

24-01-2018 // 14:42 wib // Bidang Pembinaan PAUD dan PNF   Bidang Pembinaan PAUD dan PNF
Halaman lengkap berita

SEMARANG-(DISDIK), Kelompok Kerja (Pokja) Akreditasi Paud dan PNF Kota Semarang menggelar sosialisasi Sistem Informasi Penilaian Akreditasi (SisPenA) Paud dan PNF, Rabu, 24 Januari 2018 bertempat di Aula SMK Negeri 7 Semarang. Kegiatan ini di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Drs. Bunyamin, M.Pd.  yang dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Pembinaan Paud dan PNF Wahyudi Harso, S.H., M.H. didampingi Tyas Utarini, S.Sos selaku Ketua POKJA Akreditasi Paud PNF beserta anggota.

Dalam sambutan pengarahannya Kabid Paud dan PNF menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi SisPenA ini kita semakin dimudahkan dan tidak perlu mboyong berkas ke BAN Paud PNF Provinsi, tapi bisa dilaksanakan dari Satuan Pendidikan dengan terlebih dahulu login menggunakan NPSN masing-masing, kemudian mengunggah dokumen-dokumen yang telah dipindai terlebih dahulu, selanjutnya tinggal menunggu visitasi dari para assessor. Nampaknya para peserta sosialisasi Sispena ini begitu antusias mengikuti kegiatan ini, dan semoga dengan semangatnya para peserta sosialisasi semua akan mendapatkan akreditasi dengan predikat sangat memuaskan.

Pada tahun 2018, Provinsi Jawa Tengah menargetkan 2,725 Lembaga PAUD dan PNF dapat terakreditasi sedangkan kuota untuk Kota Semarang hanya 85 Lembaga, jumlah tersebut relatif banyak dan tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Terakait dengan persiapan, khususnya di Kota Semarang, pada bulan Januari  semua tahapan persiapan mulai digarap yakni koordinasi kelembagaan, konsep dan pemetaan data lembaga, rapat  koordinasi dan pelaksanaan sosialisasi SISPENA (Sistem Penilaian Akreditasi) yang kita mulai hari ini.

Sispena adalah sistem penilaian akreditasi berbasis web. Aplikasi sispena bisa diakses darimana saja, kapan saja, dengan syarat pengguna terhubung dengan internet.

Kegunaan sispena:

1. Aplikasi sispena digunakan untuk melakukan pendataan satpen yang hendak di akreditasi

2. Aplikasi sispena di gunakan untuk melakukan pengiriman berkas (unggah dokumen)

3. Aplikasi sispena digunakan untuk melakukan penilaian terhadap satpen yang di akreditasi. 

4. Semua instrumen akreditasi akan di muat di dalam aplikasi sispena ini.

5. Aplikasi sispena mampu melakukan penilaian otomatis.

Mulai tahun 2018 penilaian akreditasi sudah mulai menggunakan sistem online dan bulan Januari 2018 lembaga yang mengajukan akreditasi, dokumennya sudah bisa mulai diapload.

Terselenggaranya kegiatan ini di latar belakangi oleh Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2015 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Manfaat akreditasi bagi Satuan Paud dan PNF agar selalu berupaya meningkatkan mutu program PAUD dan PNF secara berkelanjutan, terencana dan kompetitif di tingkat kabupaten/kota serta memanfaatkan semua informasi hasil akreditasi yang handal dan akurat sebagai umpan balik dalam upaya meningkatkan kinerja satuan PAUD dan PNF.  Disamping itu Sosialisasi ini dimaksudkan dalam rangka persiapan akreditasi Satuan Pendidikan Paud dan PNF. Bagi Satuan Pendidikan (PKBM) yang belum terakreditasi, tidak bisa melaksanakn Ujian Nasional mandiri dan harus menggabung pada Satuan Pendidikan terakreditasi.