Terimakasih atas kunjunganya di website Disdik Kota Semarang, kami selalu menunggu saran dan masukan untuk perbaikan pelayanan kamu  

Pelaksanaan Grand Final Lomba Budaya Mutu dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud RI tahun 2017

 10-11-2017 10:07 WIB by Admin    Dilihat: 271 kali Sekretariat

Disdik-Semarang - Pelaksanaan Grand Final Lomba Budaya Mutu dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud RI tahun 2017 telah berakhir. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 7-10 november 2017 di Hotel Rich Yogjakarta berlangsung sangat meriah. Peserta Lomba Budaya Mutu terdiri dari tiga kategori yaitu sekolah rujukan Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Negeri Rintisan Pendidikan Karakter dan sekolah Swasta Rintisan Pendidikan Karakter. Sedangkan, Lomba Penulisan artikel ilmiah terdiri dari tiga kategori yaitu artikel Ilmiah Populer, Feature (Berita khas) dan artikel sederhana siswa.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, P.Hd dalam pembukaan lomba menyampaikan tentang mutu pendidikan dan tantangan pendidikan ke depan. “Mutu Pendidikan Indonesia saat ini masih sangat perlu ditingkatkan. Saya titip tiga hal dalam proses pembelajaran: karakter, literasi dan pembelajaran abad 21 jangan ditinggalkan. Karena anak-anak ke depan akan memperoleh zaman yang tidak seperti ini, tapi zaman abad 21 maka pembelajaran perlu diarahkan kesana seperti unsur critical thinking, creatif, comunication dan collaboratif  “ paparnya dalam sambutan.

Kegiatan dimeriahkan dengan kesenian tari, dongeng, menyanyi, seminar hingga pagelaran Ramayana. Beberapa penampilan menunjukan literasi budaya yang sangat khas di bangsa Indonesia. Seperti tari petruk, cucuk lampah, senyum indonesia hingga pagelaran drama “aji saka” ditampilkan secara apik. Bahkan, dongeng yang ditampilkan oleh siswa SD pun mendapatkan banyak perhatian dan apresiasi oleh penonton karena kemampuannya dalam memerankan tokoh sangat menjiwai.

Terlebih, salah satu seminar yang dilaksanakan mendatangkan narasumber anak SMP yang telah mendapatkan juara 1 menulis cerpen di apresiasi sastra 2017. Kemampuan anak menulis cerpen disajikan kepada seluruh penonton. Banyak penonton yang merasa terpukau dengan kemampuannya menjelaskan, menulis dan menjawab pertanyaan. “kemampuan anak tersebut sangat luar biasa” ujar subandrio yang berasal dari kontingen Jawa Tengah.

Kegiatan perlombaan ini, Kota semarang patut berbangga karena ada 4 perwakilan yang menjadi peserta Grand Final yaitu SD N Sendangmulyo 04 dan SD N Nasima dalam lomba Budaya Mutu serta Ibu Rustantiningsih dari SD N Tawang Mas 01 dan Bapak Galih Suci Pratama dari SD N Sekaran 02 yang mengikuti Grand final Lomba Menulis Artikel Ilmiah.

Pengumuman perlombaan dilaknsanakan pada hari Kamis, 9 November 2017 pukul 20.00-23.00. semua peserta tampak tegang menunggu hasil pengumuman. Disela-sela menunggu pengumuman ditampilkan sendratari Ramayana karya anak SD. Penampilannya luar biasa hebat.

Akhirnya, Kota Semarang memperoleh dua penghargaan yang diperoleh dari juara 1 Lomba Artikel Ilmiah kategori Feature atas nama Rustantiningsih dari SD N Tawang mas 01 Semarang Barat dan juara 2 Lomba Artikel Ilmiah kategori Feature atas nama Galih Suci Pratama dari SD N Sekaran 02 Gunungpati.

“Saya ucapkan terimakasih banyak atas dukungan Dinas Pendidikan Kota Semarang, UPTD pendidikan Kecamatan, keluarga besar SD Tawang Mas 01 dan Sekaran 02, serta seluruh insan pendidikan Kota Semarang yang telah memberikan doa, dukungan dan motivasi hingga kami berhasil menjuarai ini. Terimakasih banyak. Semoga apa yang kami lakukan dapat memberikan manfaat untuk semuanya” papar Rustantiningsih dan Galih Suci Pratama setelah menerima penghargaan kejuaraan.

Acara ditutup oleh Bapak sekertaris Direktorat Pembinaan SD disertai pemukulan Gong. Serta diakhiri dengan lagu Bagimu Negeri.