Bintek dan Sosialisasi E Monev Dinas Pendidikan Kota Semarang

30-01-2018 // 15:51 wib // Admin   Sekretariat
Halaman lengkap berita

Dinas Pendidikan Kota Semarang melalui Subbag Perencanaan dan Evaluasi telah melakukan Bimbingan Teknis (Bintek) dan Sosialisasi e-monev online lewat laman https://monev.semarangkota.go.id/ pada Hari Kamis, 25 Januari 2018, Jam 08.00 s.d. 12.30 WIB bertempat di Ruang Multimedia SMAN 3 Semarang.

Bintek dan Sosialisasi dipandu Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi S. Budiutomo yang diikuti oleh Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) dan petugas inputing e-monev dari Sekretariat, Bidang, UPTD Pendidikan Kecamatan, TK, SKB  dan SMP yang berjumlah kurang lebih 100 orang. Dalam kesempatan ini, S. Budiutomo menjelaskan bahwa setiap individu di Dinas, UPTD Pend. Kec.  maupun di satuan pendidikan harus mampu menjadi humas sekaligus pemonitor dan evaluator terhadap setiap kegiatan yang telah maupun akan dilaksanakan. Jika setiap individu mengambil peran ini secara baik, tentu wajah pendidikan ke depan semakin lebih baik. 

Terdapat beberapa perbedaan antara monitoring dan evaluasi. Misalnya, berdasarkan waktu, monitoring dilakukan terus menerus setiap saat dari hulu ke hilir, sementara evaluasi dilakukan secara periodik diakhir sebuah kegiatan. Berdasarkan keterlibatan orang, monitoring biasanya melibatkan orang-orang internal yang menjalankan sebuat kegiatan, sementara evaluasi melibatkan orang-orang eksternal untuk didapat kesimpulan yang utuh dan obyektif dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Dalam suasana enjoy dan rileks, S. Budiutomo berharap agar e-monev yang telah diinput tidak hanya berhenti dan terkait serapan anggaran Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) saja, akan tetapi perlu dipahami bahwa dibalik angka-angka yang diinput dan diisikan itu, terdapat kegiatan, gerak nadi manusia, bangunan, target, capaian, keluaran serta sasaran yang hendak dicapai. Apakah kegiatan tersebut sudah pas dengan sasaran dan tujuan yang hendak dicapai atau belum, monitoring dan evaluasi sangat diperlukan untuk membuat perbaikan-perbaikan ke depan demi kemajuan pendidikan.