“Mengenal Lebih Dekat Seni dan Budaya Kota Semarang” lewat Semarang Mengajar

15-05-2018 // 12:44 wib // Admin   Sekretariat
Halaman lengkap berita

DISDIK-SEMARANG. Kegiatan Semarang Mengajar (Semarang Knowledge Sharing) Tahun 2018 yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan mengambil Tema “Mengenal Lebih Dekat Seni dan Budaya Kota Semarang”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin, 14 Mei 2018 di Oak Tree Emerald Semarang. Perumahan Palm Hill Estate Papandayan, JL. Palm Hill, Gajahmungkur, Semarang.

Peserta yang terdiri dari 1 guru dan 1 siswa SMP Negeri se Kota Semarang dan perwakilan beberapa SMP Swasta serta Masyarakat desa Vokasi di Kota Semarang sangat antusias dalam mengikuti agenda kegiatan yang di sampaikan oleh para Narasumber, pada awal acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan kemudian dilanjutkan dengan paparan materi dan praktik langsung yang diajar oleh para Narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Semarang Mengajar kali ini menghadirkan Narasumber dari Klub Merby yang beralamat Jl. MT. Haryono No.653 Semarang. banyak materi tentang budaya semarang yang diajarakan oleh para narasumber diataranya ada Ibu Drg. Grace W Susanto, MM (Budayawan Semarang), Krisna Phiastika, S.Si, M.Pd, (Penggiat Wisata Edukasi Semarang),  Totok Pamungkas (Seniman Serba Bisa Semarang), Rimasari Pramesti Putri, M.Pd, (Seniman dan Dosen senitari UNNES ) yang mengajarkan Tari Denok kepada para peserta dan juga Fitri Widyaningrum, S.Pd (Seniman dan pengajar tari Klub Merby) dan narasumber lain.  Hadir pula Bapak Drs. Bunyamin, M.Pd. disela sela acara untuk memberikan pengarahan kepada peserta dan bahkan bapak Kepala Dinas Pendidikan menyempatkan diri untuk bernyanyi tembang jawa bersama para Narasumber dan peserta kegiatan. Dalam pesanya beliau berpesan agar kita selalu bisa “nguri-nguri” budaya jawa khususnya Budaya Kota Semarang.

kegiatan ini diharapakan tidak hanya mengajar pada pendidikan secara formal maupun informal saja tapi juga mengembangkan potensi berfikir, sikap, keterampilan, kecakapan dan mampu berinovasi serta menambah wawasan, kreatifitas dan keterampilan yang dapat berguna bagi pendidikan serta dunia usaha.

Kegiatan ini ditutup oleh ibu Sri Rahayuningsih, S.Pd. MM. (Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Semarang) dan diakhiri dengan foto bersama peserta dan  para Narasumber.