LAUNCHING SAWAH SAVI, YOUTUBE CHANNEL, PODCAST, STUDIO MINI DAN IHT SMPN 28 SEMARANG

06-12-2021 // 12:17 wib // Sekolah   Bilik Sekolah
Halaman lengkap berita

Jumat, 3 Desember 2021 SMPN 28 Semarang mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-36 sekolah  dan peringatan Hari Guru Nasional ke-76. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah peluncuran Youtube Channel SMPN 28 Semarang, launching program SAWAH SAVI dan kegiatan IHT (In House Training) Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila.

 https://youtu.be/r-1ssziLG70

 

Program SAWAH SAVI adalah singkatan dari Satu Warga Sekolah Satu Video, program tersebut bertujuan mambangun generasi Pancasila untuk seluruh warga sekolah. Di sinilah tertanam makna strategis dunia pendidikan dan potensi generasi muda sebagai agen perubahan sekaligus modal untuk mengenalkan kembali nilai-nilai moral Pancasila dan kebudayaan Indonesia. Dalam program SAWAH SAVI setiap warga sekolah diminta membuat satu video yang berhubungan dengan keanekaragaman suku dan budaya yang ada di berbagai provinsi di Indonesia. Harapannya selain mengenal banyak ragam budaya dan potensi kekayaan alam di Indonesia serta menambah ilmu pengetahuan, semua warga sekolah  terutama siswa, dapat memiliki profil pelajar pancasila yaitu bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong, kebhinekaan global, dan berakhlak mulia. Video tersebut kemudian di upload secara bersamaan di YouTube Channel SMPN 28 Semarang dan dilaunching oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bapak Gunawan Saptogiri, S.H., M.M ditandai dengan klik menu publish di kanal Youtube dilanjutkan dengan penerimaan buku katalog SAWAH SAVI dari Bapak Miftahudin, S.Pd., M.Si. ,selaku kepala sekolah.

Program kedua yang diselenggarakan yaitu Launching Podcast dan Youtube Channel SMPN 28 Semarang. Mengalihfungsikan  ruangan laboratorium bahasa menjadi  Studio Mini dan Gallery Art 28 yang dapat digunakan untuk pengembangan IPTEK dan wadah kreativitas para siswa.

 Studio Mini dilengkapi dengan fasilitas siaran yang lengkap (mic, kondensor, mixer, dan headphone), lighting dan photoghrapy set, dan peralatan yang dapat digunakan untuk editing hasil foto, video dan siaran. Kedepannya akan ada jadwal siaran mingguan yang di isi oleh siswa dan guru dengan mengundang berbagai narasumber internal maupun eksternal.

 

Gallery Art 28 adalah ruang khusus untuk mengapresiasi seni para siswa. Di dalamnya terdapat ruang pameran seni lukis untuk siswa, ruang memorabilia yaitu tempat menyimpan piala  siswa, dan studio musik dengan satu set alat band yang lengkap.

 

Kegiatan terakhir adalah IHT (In House Training) Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini dilakukan secara luring dan daring untuk Bapak/Ibu Guru dengan mengundang empat narasumber yaitu Ibu Fajriah, M.Pd. selaku Kasie Kurikulum SMP Kota Semarang mengenai disiplin positif dan sekolah ramah anak, Bapak Drs. Slamet Santosa M.Pd. selaku pengawas sub rayon 04, Bapak Dr. Muhammad Ahsan, S.Ag., M.Kom selaku kabid SMP Kota Semarang, Bapak Farid Ahmad, Ph.D.  selaku akadimisi UNNES dan Bapak Miftahudin, S.Pd., M.Si. selaku kepada SMPN 28 Semarang. Kegiatan IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik mengenai kebijakan dinas Pendidikan kota Semarang, pengembangan kurikulum sekolah ramah anak, mencetak agen perubahan, dan implementasi blendeed learning di era literasi digital.