Umum dan Kepegawaian

DESK PERCEPATAN PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DAN PENGENALAN PERENCANAAN BERBASIS DATA PAUD_PNF

22-09-2022 // 20:38 wib // Bidang Pembinaan PAUD dan PNF   Bidang Pembinaan PAUD dan PNF
Halaman lengkap berita

Kegiatan yang diselenggarakan di aula SMPN 5 kota Semarang ini diikuti oleh 256 peserta pendidik yang berasal dari Taman Kanak-Kanak (TK),Kelompok Bermain (KB) dan Pos PAUD/ Satuan Pendidikan Sejenis (SPS) dan pendidikan kesetaraan paket A,B,C, dibawah pengelolaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Para peserta dipilih dari satuan-satuan pendidikan yang belum login ataupun sudah login tapi belum membuka dan mempelajari pelatihan Mandiri pada menu platform merdeka mengajar.

Sambutannya Plt Kadinas (Drs.Kartika Hedi Aji,M.Si)   dalam pembukaan acara mengatakan bahwa kota Semarang dalam implementasi kurikulum merdeka sebelumnya memiliki rapor merah. Prosentase capaian adoption rate dan jumlah pengguna fitur belajar mandiri pada platform Merdeka Mengajar jauh dari kata menggembirakan. Kondisi ini membuat posisi kota Semarang berada di kabupaten kota yang lain, yaitu berada di ranking 33 dari 35 kabupate/kota di seluruh Jawa Tengah. Namun, dengan usaha yang sungguh-sungguh dari seluruh jajaran Dinas Pendidikan Kota Semarang bersama dengan berbagai pihak terkait akhirnya posisi tersebut meningkat pesat sehingga menduduki peringkat kelima dari atas.

Rifki Nugroho, S.Pd.M.Kom selaku SubKor Kurikulum dan Penilaian PAUD_PNF yang menjadi tanggungjawabnya melakukan langkah jitu pada lembaga yang diampunya Paud sebanyak 1270, PKBM sebanyak 37 lembaga digenjot dibimtek, hingga yang masih belum login diDesk dipanggil untuk login bisa dilakukan oleh akun pengguna dari kepala sekolah, guru dan admin semua perangkat sekolah. Dengan merekrut Wali wilayah dari BBPMP Mampuono,M.Kom sebagai widyaprada, berserta anggota belajar.id, anggota Google Master Traner (GMT), anggota Platform Merdeka Megajar (PMM)Kota Semarang, bersama PKG di 16 Kecamatan hingga akhir September 2022 untuk menuntaskan PMM pada posisi login hingga melakukan aksi nyata dan seterusnya.

Salah satu bentuk usaha tersebut adalah dengan  menyelenggarakan pertemuan PMO (Project Management Office)   secara rutin sebulan sekali. Kegiatan yang di delegasikan kepada sekretaris dinas kota Semarang Muhammad Ahsan untuk memimpin ini  menghadirkan berbagai unsur yang  terdiri dari   Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah, Fasilitator Sekolah Penggerak, komunitas belajar.id, Tanoto Foundation dan lain-lain. Hasil-hasil dalam pertemuan kemudian ditindaklanjuti dengan  berbagai kegiatan percepatan implementasi kurikulum merdeka (IKM) di Kota Semarang.

Kegiatan yang diselenggarakan dua hari ini merupakan tindak lanjut dari hasil-hasil pertemuan dalam PMO tersebut dan kajian strategis berbagai bidang di Dinas Pendidikan Kota Semarang.  Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdik Kota Semarang  Daryata beserta tim menterjemahkan masih rendahnya angka adoption rate di kalangan guru PAUD disebabkan oleh banyaknya jumlah guru yang belum login atau yang sudah login tetapi belum memanfaatkan fitur belajar mandiri pada platform Merdeka mengajar. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan   bersama dengan melibatkan para tutor dari komunitas belajar.id dan Google Master trainer sebagai para pendamping peserta.

Ketua pelaksana kegiatan Rifki menyampaikan bahwa para peserta sangat antusias untuk menyelesaikan tugas mereka dalam memanfaatkan platform Merdeka mengajar, sebab dibuat sedemikian utnuk ramah pengguna (user friendly). Ia berharap dalam waktu dekat adoption rate kota Semarang akan semakin pesat meningkat. Apalagi dalam kegiatan ini turun serta para pegiat komunitas volunteer  oleh Belajar.id, GMT, PMM, PSP Kota Semarang untuk menjadi relawan pendamping para guru  dalam Pemanfaatan Merdeka Mengajar. Kesemua PKG di 16 Kecamatan se Kota Semarang. #RN148