Uji Coba Pelaksanaan PTK Jenjang SD-SMP di Kota Semarang

08-04-2021 // 11:43 wib // Admin   Sekretariat
Halaman lengkap berita

Disdik-Kota Semarang. Rabu, 07 April 2021 Walikota Semarang “Pak Hendi” dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang dan Jajaranya melakukan monitoring pelaksanaan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SD Negeri Pekunden dan SMP Negeri 02 Semarang. Adapun sekolah Model yang ditunjuk oleh Disdik Kota Semarang sebagai sekolah yang melaksakana uji coba PTM saat ini adalah SDN Pekunden, SDN Lamper Kidul 02, SMPN 2 dan SMPN 5 Semarang.

Regulasi yang ada di lapangan teknis pelaksanaannya adalah PTM hanya dilakukan selama 60 menit atau hanya 4 jam pembelajaran (30 menit/jam Pelajaran) dalam sehari, dengan pengaturan setiap kelas hanya berisi 50% dari daya tampung perkelas dan berangkat di jam yang berbeda dengan selang waktu 20 menit setiap kelasnya agar tidak terjadi kerumunan, tempat duduk sendiri, semua siswa yang masuk harus melalui pengecekan suhu dan melakukan cuci tangan, Meja dan kursi yang akan dipakai siswa sudah dipastikan steril. Setelah pembelajaran selesai siswa harus membersihkan bangku dan mejanya dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan oleh bapak ibu guru, sehingga siswa akan terbiasa untuk hidup bersih agar protokol kesehatan saat sekolah tatap muka dipastikan harus terlaksana.

Orangtua yang mengantar siswa ke sekolah juga dilarang untuk memasuki area sekolah, hanya diperbolehkan sampai di depan pagar. Namun, orangtua diminta menunggu dulu untuk pengecekan suhu tubuh anaknya. Siswa yang memiliki suhu tubuh > 37,3 tidak diperbolehkan mengikuti pembelajaran tatap muka dan akan dipulangkan untuk mengikuti pembelajaran secara daring  melalui google meet.

Pelaksanaan ujicoba PTM ini menjadi salah satu bahan evaluasi, jika hasilnya berjalan baik dan lancar maka akan dilakukan ujicoba berikutnya dengan jumlah sekolah yang akan melaksanakan ujicoba PTM ditambah menjadi masing-masing kecamatan satu sekolah.